Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Jl. Polowijan, Kraton, Yogyakarta
Nomor Telphone
Email
Website
Deskripsi

Pasar Ngasem


Kalau sudah berkunjung ke Keraton Yogyakarta, jangan lewatkan Pasar Ngasem yang terletak tak jauh dari keraton. Pasar Ngasem dulunya merupakan pasar burung, tetapi saat ini, Pasar Ngasem telah berubah menjadi pasar penyedia sembako.

Pasar Ngasem termasuk dalam salah satu dinamika kebudayaan Kesultanan Yogyakarta. Pembangunannya tak terlepas dari tradisi dan kepercayaan masa lalu. Menurut sejarah, kawasan Ngasem dahulunya merupakan danau, tempat Sultan Hamengkubuwono II berpelesir menyaksikan keindahan Keraton dari luar benteng. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kawasan ini beralih fungsi menjadi perkampungan dan di tengah-tengah kampung terdapat pasar.

Seiring berjalannya waktu, Pasar Ngasem menjadi pasar burung di Yogyakarta, namun pada 22 maret 2010, pasar burung dipindah ke kawasan Jl. Bantul, Dongkelan, Yogyakarta. Jadilah Pasar Ngasem kini ramai oleh pedagang dan pembeli kebutuhan bahan pokok saja. Pasar Ngasem aktif setiap hari dari pagi sampai sore, Pukul 05.00-16.30 WIB.

Di depan Pasar Ngasem, terdapat sebuah panggung pertunjukan terbuka dinamakan Plasa Pasar Ngasem. Tempat ini rutin dijadikan panggung budaya oleh seniman, penikmat seni, pemerhati, dan tokoh-tokoh intelektual lainnya. Selain itu, dari pasar ngasem dan ketika Anda duduk di Plasa Pasar Ngasem, Anda bisa melihat Pulo Cemeti, salah satu bangunan bagian dari Taman Sari, Keraton Yogyakarta. Dari Pulo tersebut, Anda pun bisa menyaksikan penampakan pasar Ngasem dan Plasa Pasar Ngasem secara lebih luas. Pemandangan sekitar saat senja hari seringkali sangat menarik. Jadi, jangan lewatkan tempat ini selama berkunjung ke Yogyakarta ya!

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top