Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Ngupasan,Gondomanan,Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Nomor Telphone
Email
Website
Deskripsi

Monumen Serangan Oemoem Satu Maret


Sejarah pasti menyimpan kenangan baik dan buruk. Untuk mengingat perjuangan rakyat Yogyakarta pada masa pendudukan Belanda. Untuk membuktikan bahwa Indoensia telah berdaulat, dilakukanlah serangan besar-besaran. Serangan ini dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto, Komandan Brigade 10 Daerah Wehrkreise III. Hingga kemudian didirikan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret untuk memperingati peristiwa tersebut.

Saat ini, Monumen Serangan Oemoem 1 Maret telah menjadi landmark bersejarah dan sekaligus sebagai cagar budaya Provinsi DIY. Monumen Serangan Oemoem 1 Maret dijadikan sebagai lambang untuk memperingati sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya rakyat Yogyakarta dalam mematahkan propaganda yang dilakukan Belanda pada masa itu.

Monumen Serangan Oemoem 1 Maret sampai sekarang selalu dijadikan sebagai lokasi panggung rakyat. Acara-cara penting yang berhubungan dengan kebudayaan dan sejarah sering digelar di depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Monumen yang berada tepat di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta ini, kadangkala juga dihasi dengan kerajinan karya seniman-seniman besar, baik dari Yogyakarta maupun luar kota. Sebagai sebuah landmark kota, wilayah Monumen Serangan Oemoem 1 Maret juga menjadi lokasi wisata favorit.

Saat malam hari, di depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret akan mudah ditemukan penjual jagung rebus, seniman yang melakukan pertunjukan mini, muda mudi yang berkumpul menikmati pemandangan kota, pengamen, serta penjual kerajinan tangan. Anda bisa duduk di area paar monumen atau area pedetrian yang luas.

 

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top