Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat JL Pangeran Senopati 22 RT 009/03,55121
Nomor Telphone (0274) 373294
Email
Website
Deskripsi

Gereja Santo Fransiscus Xaverius Kidul Loji


Gereja Santo Fransiscus Xaverius Kidul Loji merupakan gereja tertua di Yogyakarta. Pada masa lalu, gereja ini digunakan oleh orang-orang Belanda. Meskipun begitu, pada masa itu gereja juga tetap terbuka untuk semua umat. Dikarenakan gereja ini dulunya lebih sering dipergunakan oleh orang Belanda, maka tak heran bila gereja ini juga mendapatkan julukan Greja Londo yang artinya gerejanya orang Belanda.

Usia gereja ini diketahui sudah lebih dari 140 tahun. Gereja Loji berposisi di selatan kompleks loji atau bangunan milik Belanda. Bangunan loji yang dimaksudkan tersebut antara lain Bangunan Benteng Vredeburg, dan bangunan-bangunan kolonial di sisi timur Benteng Vredeburg yang sering disebut Loji Cilik atau Loji Kecil.

Nama Santo Fransiscus Xaverius dipergunakan untuk menamai gereja ini dengan pertimbangan untuk mengenang pembaptisan pertama yang dilakukan di gereja ini, tertanggal 3 Desember 1812. Dalam sistem kalender gereja, tanggal tersebut dikenal sebagai hari raya atau pesta Fransiscus Xaverius.

Sekarang gereja ini selalu aktif digunakan untuk peribadatan. Ruang ibadahnya tak pernah sepi. Untuk Anda yang bukan umat gereja, diperbolehkan untuk berfoto di halaman gereja.

Gedung gereja yang artistik yang dapat Anda pandangi sekarang merupakan hasil renovasi. Perbaikan arsitektur gereja terkahir kali dilakukan tahun 2007. Bangunan itu menjadi semakin artistik dengan warna hitam dan putih yang menarik. Patung-patung berhias di sekitar gereja, ada patung  Bunda Maria di dalam gedung berserta Yesus dan para malaikat yang anggun. Halaman gereja juga luas, asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

 

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top