Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Jl. Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY
Nomor Telphone
Email
Website
Deskripsi

Kampung Sosrokusuman


Punya kamera dan ingin mendapatkan foto-foto human interest yang beda dari yang lainnya? Kunjungi Kampung Sosrokusuman. Jalan-jalanlah di sekitar sana, Anda bisa menjumpai nuansa perkampungan yang berdampingan dengan nuansa kota metropolitan.

Ya, Kampung Sosrokusuman berlokasi tak jauh dari Jl. Malioboro. Ruas jalan yang menjadi jantung kota Yogyakarta itu masih memiliki daerah kampung yang menjadi tempat singgah wisatawan di Yogyakarta.

Kampung Sosrokusuman membentang dari Malioboro Mall hingga Hotel Mutiara. Untuk menandai keberadaannya, sebuah gapura sederhana mendai batas luar kampung ini. Untuk menjelajahi Kampung Sosrokusuman, Anda menyusuri dua gang, gang pertama terletak di persis di sisi utara Malioboro Mall sementara gang kedua dapat Anda jumpai di sisi selatan  Malioboro Mall.

Tepat di hadapan gapura gang pertama, Anda sudah bisa mampir ke warung-warung sederhana miliki warga setempat yang menjajakan makanan. Nasi rames, pecel, kupat tahu, dan soto ayam bisa Anda beli dengan harga murah dan bonus senyum ramah dari pedagangnya.

Di area perkampungan, Anda bisa menjumpai juga penginapan-penginapan murah, sederhana, tapi cukup berkesan dengan harga rata-rata Rp 250.000,- per malam. Umumnya penginapan yang disediakan warga di kampung ini berbentuk losmen. Suasana di sekitar jalan kampung amat menarik.

Anak-anak berlarian, keramahan warga, panganan tradisional hingga modern yang terlihat di kios-kios bisa Anda ramah tamahi satu persatu dengan bidikan lensa kamera. Coba cicipi geplak, tape ketan, atau ting ting yang dijajakan warga. Mampirlah juga ke toko penjual souvenir, berupa kerajinan tangan yang terbuat dari kayu asli kreatifitas warga setempat. Desainnya luar biasa menarik. Membeli produk dalam negeri berarti mendukung kemajuan budaya negeri sendiri loh!

Di Kampung Sosrokusuman Anda juga bisa menemui seorang pegiat wayang kancil bernama Ledjar Subroto. Tokoh wayang kancil yang diciptakannya kini terpajang manis di Taman Mini Indonesia Indah, pementasannya pun sudah sampai ke Belanda, Jerman, Amerika, Jepang, dan Australia.

Kalau Anda suka mural, banyak dinding rumah warga Sosrokusuman sudah dihiasi dengan mural. Beberapa tembok di gang kedua penuh dengan mural-mural yang menarik. Seni rupa genre ini memang sudah lama menjadi salah satu daya tarik wisata kota Yogyakarta. Mural di kampung ini termasuk mural yang dikerjakan dengan rapih, sehingga nyaman di pandang mata. Foto-foto Anda pasti menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan mural di kampung ini. 

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top