Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Jl. Faridan M. Noto No. 21,Kotabaru,55224
Nomor Telphone (0274) 556921
Email
Website
Deskripsi

Museum Sandi


Pernah belajar perkara persandian? Kalau Anda tertarik dengan dunia persandian atau kroptografi, kunjungi Museum Sandi satu-satunya di Indonesia. Berlokasi di Kotabaru Yogyakarta, Museum Sandi akan menyambut Anda dengan panorama arsitektur bergaya indis.

Begitu memasuki pintu, Anda akan segera mengenal bebragai macam peninggalan sejarah mengenai ilmu persandian di dunia. Untuk masuk ke sana, Anda tak akan dikenai biaya sepeserpun.

Museum Sandi didirikan atas prakarsa Kepala Lembaga Sandi Negara dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada 2006. Pada tahun itu, pembangunan museum juga terkendala bencana gempa yang terjadi pada Mei 2006.

Berdirinya Museum Sandi diresmikan pada 2008. Dengan dua lantai dan sembilan ruang diplay, Museum Sandi menyimpan berbagia benda bersejarah yang dikumpulkan. Benda-benda tersebut merupakan peninggalan perang kemerdekaan.

Menelusuri ruangan akan membuat Anda dekat dengan hal-hal yang bersinggungan dengan persandian di dunia dan khususnya di Indonesia seperti buku sandi, sepeda ontel para kurir, dan ada pula diorama.

Di sana, Anda pun bisa mengamati mesin sandi tua yang dipernah dipergunakan di beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Jerman, Vatikan, dan lain-lain. Ada juga mesin sandi yang ternyata dibuat sendiri oleh putra dan putri Indonesia untuk menyiasati komunikasi selama masa perjuangan.

Mesin-mesin tersebut tentu saja tidak dapat bekerja. Anda harus puas melihatnya hanya dari balik kaca.

Selain melihat benda-benda sejarah yang terhubung dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia, di museum ini pun Anda bisa mempelajari sandi dari masa lampau. Sandi-sandi ini populer dipergunakan ada zaman Yunani Kuno, yaitu ada sandi bernama skytale, sandi berbentuk gulungan yang berisikan tulisan panjang. Memerlukan pemahaman khusus untuk memecahkan maksud dari sandi yang terbuat. Ada pula Carden Grille, berupa sandi yang perlu dipecahkan menggunakan kunci khusus berbentuk kertas berlubang.

Yang lebih menarik lagi, ada Book Chiper, sandi peninggalan Yunani Kuno berbentuk tulisan panjang mirip dengan Cardan Grille ini harus dibuka dengan ururtan angka. Masing-masing angka menunjukkan posisi suatu huruf dalam sebuah paragraf. Angka-angka pertama menunjukkan paragraf sementara angka kedua akan menunjukkan urutan kalimat.

Kalau lelah berjalan, daripada menghabiskan waktu Anda bisa memanfaatkan komupter berisikan katalog dan informasi lengap mengenai ilmu kriptografi yang dapat Anda baca. Untuk bersenang-senang tersedia game sandi. Anda bisa mencoba memecahkan games sandi vigenere yang terkenal sebagai sistem sandi klasik cikal bakal bentuk sandi modern di berbagai negara. Dengan memanfaatkan fasilitas ini Anda bisa menjadi lebih dekat dengan dunia kriptografi di Indonesia dan dunia. 

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top