Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Kampung Kauman, Gondomanan
Nomor Telphone
Email
Website
Deskripsi

Kampung Kauman


Pesona perjuangan umat Islam bisa Anda telusuri jejaknyadi Kampung Kauman. Kampung Kauman menyimpan bermacam pesona besar terkait dengan sejarah perkembangan umat Islam di Indonesia.

Memasuki Kampung Kauman, pesona Masjid Agung seluas 13.000 meter persegi merupakan landmark kampung tersebut. Satu-satunya ciri khas yang paling menonjol tersebut dapat Anda kunjungi kapan saja.

Masjid bercorak Jawa tersebut dirancang oleh Tumenggung Wiryakusuma. Bangunan terdiri atas serambi dan memiliki halaman yang luas. Tiang penyangga masjid berbentuk bulat polos sejumlah 36 tiang menyangga masjid dengan kokoh. Di serambi masjid tiang-tiangnya memiliki umpak batu bermotif awan sebanyak 24 buah.

Pada masa kerajaan, Kampung Kauman terbagi dalam sembilan ketib atau penghulu. Mereka ditugaskan keraton untuk mengurusi berbagai hal mengenai persoalan agama. Sejak saat itu, Kampung Kauman memiliki peran besar dalam gerakan agama Islam.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, Kampung Kauman menjadi lokasi berdirinya gerakan umat Islam Muhammadyah. Seorang muslim, K.H Ahmad Dahlan mendirikan gerakan tersebut atas dasar rasa prihatin karena warga terjebak dalam ritual mistik.

Lebih daripada itu, K.H Ahmad Dahlan menyempurnakan kiblat sholat 24 derajat ke arah barat laut atau dengan kata lain mengarahkannya pada Masjid al Haram di Makkah. K.H Ahmad Dahlan juga pelopor hilangnya tradisi selamatan untuk orang meninggal.

Kalau Anda hendak menuju Kampung Kauman, Anda bisa menilik gapura lengkung dengan simbol lingkaran berwarna hijau dengan garis-garis menyerupai sinar matahari yang berwarna kekuningan. Gambar ini merupakan simbol gerakan Muhammadyah sampai sekarang.

Memasuki gang, Anda akan melihat keragaman bangunan di kanan dan kiri jalan. Berbagai desain rancang bangun difungsikan oleh warga utnuk berbagai kegiatan. Ada sebuah rumah yang kini difungsikan sebagai retail. Rumah tersebut nampak sekali terpengaruh oleh gaya arsitketur Eropa.

Anda bisa menjumpai perpustakaan yang dikelola secara mandiri. Perpustakaan tersebut bernama Perpustakaan Mabulir. Mampirlah juga ke Langgar yang sering menjadi pembicaraan di kalangan wisatawan, ialah Langgar Putri Ar Rosyad, merupakan langgar putri pertama di Indonesia.

Sudah cukup penasaran dengan Kampung Kauman? Masukkan destinasi wisata ini dalam menu liburan Anda!

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top