Propinsi DI Yogyakarta
Kota Kota Yogyakarta
Alamat Jl. Bintaran Kidul No.5,Mergangsan,Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151
Nomor Telphone (0274) 375231
Email
Website
Deskripsi

Bintaran


Bintaran merupakan sebuah kawasan hunian untuk orang-orang Belanda. Seperti Kotabaru, di kawasan ini Anda bisa menyaksikan banyak sekali benda-benda peninggalan orang-orang Belanda. Ada sebuah loji kecil yang masih sering diakses oleh wisatawan bahkan masyarakat lokal. Anda bisa memulai perjalanan menelusuri kawasan ini melalui perempatan Gondomanan.

Bintaran terkenal sebagai tempat hunian orang-orang ternama seperti Ndalem Mandara Giri dan salah seorang yang masih ada hubungan darah dengan Ngayogyakarta Hadiningrat, yakni Bendara Pangeran Haryo Bintoro.

Menurut catatan sejarah, Bintaran berfungsi sebagai lokasi kediaman orang-orang keturunan Belanda atau indishe ialah pada tahun 1930-an. Catatan itu berdasarkan pada bentuk pembangunan rumah, penjara, dan fasilitar gereja yang ada. Pada umumnya, orang-orang Belanda yang tinggal di kawasan ini adalah orang-orang yang bekerja sebagai opsir dan pegawai pabrik gula.

Oleh karena itulah, kawasan Bintaran dipenuhi dengan bangunan berarsitektur Eropa. Halaman bangunannya sedikit lebih unik daripada bangunan yang terdapat di kotabaru lainnya, halaman di setiap bangunan di kawasan Bintaran ini lebih luas. Bentuk bangunan rumahnya juga unik, bagian depan rumah terlihat lebih rendah dan kecil, memiliki banyak pilar dengan pintu keluar berbentuk krepyak dan dihiasi kaca.

Bangunan mewah yang menjadi salah satu daya tarik dari Bintaran ialah kediaman Ndalem Mandara Giri. Arsitektur Ndalem Mandara Giri merupakan seni arsitektur yang memadupadankan seni bergaya Jawa dan Belanda. Ciri-ciri Jawa dapat dipantau dari adanya pendopo yang terbuat dari bahan khusus. Bahan-bahan tersebut didatangkan langsung dari Demak pada 1908. Kalau Anda masuk ke dalam bangunan Ndalem Mandara Giri, Anda bisa melihat seni ruangan yang lebar engan dinding tinggi dan berjendela khas Belanda, besar dan memiliki dua daun.

Bangunan bernilai sejarah lainnya di kawasan ini ialah adanya Gedung Sasmitaloka. Kini gedung tersebut berfungsi sebagai museum dengan sebutan lengkap Gedung Sasmitaloka Jenderal Soedirman. Bangunan tersebut sempat menjadi rumah dinas Jenderal Soedirman dan dijadikan sebagai kediaman oleh pejabat keuangan Puro Paku Alam VII bersama dengan Wijnschenk.

Menarik bukan? Jalan-jalan ke Yogyakarta jangan habiskan waktu Anda hanya dengan mengunjungi mall, tapi lihat juga kawasan-kawasan wisata yang bernilai sejarah seperti Bintaran ini.

 

 

Galery Foto

Peta Rute Perjalanan

Geser icon A untuk memulai awal mula rute perjalanan Anda
Icon B adalah tujuan lokasi Anda

Rute Perjalanan

Lokasi Terdekat

(Lokasi Dalam Lingkaran masuk area Radius 1 Km)

Lokasi terdekat radius 1 Km

Artikel Terkait

Belum Ada Komentar

Komentar



Back to Top